rain

rain
how beautiful the rain is, how wonderful the creator is

3/23/2011

kita harus kaya


Hari ini saya memahami sesuatu
" kita harus kaya"

Siang tadi saya menuju ke salah satu asuransi di Surabaya, tujuannya adalah klaim buat rompi saya. Alhamdulillah,setelah berbulan" akhirnya saya bisa mendapatkan uang itu. Memang, jumlahnya tidak terlalu besar, tetapi cukup digunakan untuk membeli kebutuhan hidup saya(lebay).

Sore hari setelah mencari ilmu, ada keinginan untuk mampir kesebuah toko pakaian muslim. Ya,,saya sudah menahan berminggu" untuk membeli jilbab. Jadi, mumpung tempatnya g jauh, akhirnya mampirlah ke toko.

Milih" jilbab, dapat satu, warna putih. Kembali berpikir, emmm enaknya beli warna apa lagi ya???yang matching ma baju q,warna apa ya??? ada tulisan Rp 25.000,- .wah cukup murah untuk sebuah merek yang cukup terkenal. setelah di cari" ketemu ma warna yang cocok dan kira" matching dg beberapa baju q. akhirnya pulang dg membawa 2 jilbab.

Rencana besok beli sepatu,,hehe

dalam perjalanan saya berfikir, kalo lagi punya uang rasanya tidah butuh pemikiran panjang untuk melakukan sesuatu dan mudah untuk membeli sesuatu. Tetapi terkadang kita lupa, hingga membelanjakan harta kita untuk sesuatu yang tidak kita butuhkan. Hal berbeda ketika kita lagi tidak punya banyak uang, mungkin kita akan berpikir seribu kali untuk membeli sesuatu, meskipun itu penting.

Dalam ekonomi Islam, ada suatu penekanan bahwa kebutuhan bukanlah keinginan, dan yang perlu kita penuhi adalah kebutuhan kita.Tidak seharusnya kita memenuhi keinginan kita, meskipun sebenarnya kita punya kemampuan untuk memenuhi keinginan itu. saya pernah mendengar bahwa zuhud itu bukan berarti kita hidup miskin dan tidak memperhatikan dunia. Tetapi zuhud adalah kita hidup sederhana meskipun kita punya kemampuan lebih dari itu.

Ada sebuah hadist yang menyebutkan beribadahlah kamu seakan-akan kamu akan mati besok, dan bekerjalah kamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya.

Hadist itu menyuruh kita untuk menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. Kita tidak bisa melepaskan dunia untuk akhirat kita. ad dunya mazroatul akhiroh dunia adalah ladang untuk akhirat.

Salah satu cara dalam mendapatkan akhirat adalah kita harus punya harta yang cukup, cukup untuk memenuhi kebutuhan kita dalam beribadah kepada-Nya, cukup untuk keluarga kita, dan cukup untuk kita bagi" kan kepada saudara kita yang kurang mampu.

yah,,kita harus kaya,,kaya agar bisa beribadah dg baik, kaya agar kita bisa beramal sholeh dengan harta kita..tangan diatas lebih baik dari pada tangan di bawah, semoga kita bisa menjadi bagian dari tangan diatas tersebut.

aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terimakasih sudah berkunjung :)

terimakasih juga atas sarannya..:)